Rafting di Malang bersama arussina rafting

13/06/2014 § Leave a comment

Dalam rangka World environment day 2014, kami mendapat undangan untuk berpartisipasi kegiatan silahturrahim pegiat alam di basedcamp rafting di Malang. Ternyata kegiatannya cukup menarik, Kampanye jangan buang sampah di sungai, Bersih bersih sungai dan fun rafting. akhirnya kami datang mengikuti kegiatannya pada tanggal 5 Juni 2014.

Kamis, 07.00 jalanan terusan Sulfat kota Malang sudah ramai oleh kendaraan bermotor dan mobil. Semangat menjalani kehidupan tampak dari pengendara menuju tempat kerja. Dari beberapa pengendara motor ternyata diduga ada yang mempunyai kebiasaan membuang sampah di Sungai saat berangkat kerja. Yang paling sering kami temui adalah kebiasaan membuang Popok di Sungai. Kebiasaan ini ternyata dari sebuah mitos bahwa popok tidak boleh di bakar. karena kalau dibakar kulit sang bayi akan “suleten” tutur seorang oknum yang masih sering buang sampah di Sungai.

rafting di malang

environment day 2014

Mitos yang berkembang di kalangan keluarga muda inilah yang akhirnya menjadi alasan kenapa membuang sampah di Sungai. Ketakutan sampah di buang di tempat sampah yang akhirnya di bakar di TPA tempat pembuangan akhir memberikan kekhawatiran berdampak pada sang bayi yang sakit dan bisa menangis. Aneh, di tahun 2014 ternyata masih berkembang mitos yang bisa membahayakan kesehatan lingkungan. Membayangkan jumlah keluarga muda yang begitu banyak dan akhirnya punya kebiasaan yang sama… terus bagaimana solusinya?

Solusi reaktif sempat terucap dari beberapa teman. Dikumpulkan dan terus di bakar saja popoknya, biar akhirnya tahu bahwa sampah popok yang selama ini di buang di sungai juga akhirnya di bakar. langkah ini di ambil agar memberikan pemahaman dan shock pembuang sampah bahwa sekarang di sungai juga tidak serta merta popok basah dan hanyut sampai laut. Akan tetapi sekarang sampah popok yang di buang di sungai, kami kumpulkan dan BAKAR. tapi solusi reaktif inipun masih dalam diskusi, kalau kita membakar khan juga pencemaran udara?

Adakah yang punya solusi?

 

 

 

 

 

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Rafting di Malang bersama arussina rafting at My Adventure.

meta

%d bloggers like this: