Memenjarakan nafsu yang tambah liar

12/07/2013 § 2 Comments

Diberi kesempurnaan Otak adalah anugerah yang maha sempurna dari Tuhan, akan tetapi entah kenapa pada saat bulan yang dimuliakan olehNya terdapat sebuah peringatan untk mengendalikan “nafsumu”. Saat ditanya mana yang paling besar pengaruh dari indramu yang menyebabkan nafsu menjadi liar? hanya bisa terdiam dan mencoba mencari dalam diri apa yang terjadi pada diri ini.

Ramadhan yang dibuat mulia, menjadi sebuah pembelajaran akan arti siapa diri ini. Otak yang telah diberikan sebagai penyempurna ternyata menyimpan sebuah ke”liar”an yang semakin menggebu saat harus dipenjarakan dalam upaya “berhenti” atau seing diistilahkan dengan “poso”. Semakin dipenjarakan ternyata Otak ini semakin berbuat mencari cara bagaimana keluar menjadi “nafsu” yang tak tertahankan.

Lalu bagaimana mengendalikannya? Dalam sebuah barisan pembelajaran yang miskin akan canda pelawak terdengar sebuah kritikan pedas “bagaimana menaklukkan Otak untuk mau menyapa sang penciptaNya?” Kembali hanya terdiam diri menunggu sebuah proses learning tanpa tanya.

Menghentikan sejenak atau mengurangi kecepatan laju otak berpikir tentang dunia ini ternyata tidak semudah menginjak rem mobil yang sedang melaju dengan kecepatan 100 Km. Dan ternyata sebuah cerita tentang kecepatan berpikir otak yang seperti pesawat superjet ternyata benar adanya kalau diri ini merasakan bagaimana sebuah kebingungan untuk mengurangi kecepatannya. Timbulah sebuah tanya “bagaimana menghentikan kecepatan pesawat superjet dengan kecepatan tinggi?” “Apa yang akan terjadi jika dikurangi kecepatannya?” hanya sentum kecil dalam hati menertawakan diri ini.

Ramadhan 2013 membawa kembali pencarian jati diri dan sebuah tanya siapa diri ini? dan untuk apa Tuhan memberikan semua ini? Semoga dalam bulan seribu bulan yang dibuat mulia oleh Tuhan yang di dalamnya diturunkan petunjuk dalam “nuzzulul Qur’an” semoga memberi hidaya pada diri yang hina ini. amin semua adalah tentanNYa.

Tagged: , ,

§ 2 Responses to Memenjarakan nafsu yang tambah liar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Memenjarakan nafsu yang tambah liar at My Adventure.

meta

%d bloggers like this: