Membuka kembali buku Ta’limul Muta’allim

09/07/2013 § Leave a comment

Sebuah buku tua terjemahan Ta’limul Muta’allim tentang bimbingan bagi penuntut ilmu, malam ini kami buka dan baca kembali.  Buku ini diterjemahkan oleh Drs. H. Aliy As’ad, M.M. yang diterbitkan oleh percetakan Menara Kudus, Jl. Menara No. 4 Kudus. Buku ini dicetak pertama kali pada Desember 1978 dan direvisi pada bulan Juli 2007. Meskipun buku tua akan tetapi bisa memberi informasi bagaimana sebenarnya ilmu dan mencari ilmu menurut buku ini.

Dunia pendidikan yang saat ini mulai dipertanyakan tentang arah dan esensinya, menjadikan diri ikut untuk selalu mencari bagaimana sebenarnya ilmu itu dan bagaimana cara mendapatkannya. Dan bahkan dalam beberapa pertemuan kadang kami lontarkan beberapa pertanyaan, Apa sih ilmu itu? bagaiaman prosesnya samapi kita punya ilmu? Bagaimana kita mendapatkan ilmu?

Dalam pengantar sambutan buku tua ini dijelaskan bahwa kitab ta’limul muta’llim ini adalah diwajibkan dihampir pesantren di Indonesia. Kitab ini semacam kode etik bagi santri baik ketika masih menuntu ilmu, maupun kelak ketika menjadi seorang guru. Dalam buku ini juga dijelaskan bagaimana murid harus bersikap terhadapap ilmu, terhadap guru, terhadap kitab dan juga bagaimana cara mengamalkan ilmu itu sendiri. Buku tua ini sering kami baca sebagai bahan bacaan “pengingat” akan derasnya informasi yang semakin mudah kami dapatkan.

Sering juga isi dari buku ini kami berikan sebagai “flash” atau instant massage saat kami memberikan beberapa layanan sinau bareng dengan beberapa murid saat melakukan kegiatan outdoor learning yang kami adakan. Semoga pengarang buku ini selalu mendapatkan amal yang mulia atas disusunya buku tua ini. amin

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Membuka kembali buku Ta’limul Muta’allim at My Adventure.

meta

%d bloggers like this: